PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN CEMPAKA PUTIH TIMUR 03
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN Cempaka Putih Timur 03. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Subjek penelitian ini peranan kepala Sekolah dan kinerja guru.Sumber data yaitu artikel, buku, jurnal ilmiah, dan internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu peneliti mengumpulkan teori-teori yang diperlukan dalam penelitian. Peneliti menggunakan analisis kualitatif yaitu peneliti mengumpulkan teori-teori yang diperlukan untuk menjawab perumusan masalah dan kemudian peneliti menyajikan dalam bentuk tulisan dan selanjutnya yaitu menyimpulkan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN Cempaka Putih Timur 03 yaitu: a. Peran sebagai Educator Kepala sekolah berperan dalam pembentukan karakter yang didasari nilai-nilai pendidik; b. Peran sebagai Manager, Kepala sekolah berperan dalam mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan institusi secara efektif dan efisien; c. Peran sebagai Administrator, Kepala sekolah berperan dalam mengatur tata laksana sistem administrasi di sekolah sehingga efektif dan efisien; d. Peran sebagai Supervisor, Kepala sekolah berperan dalam upaya membantu mengembangkan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan; e. Peran sebagai Leader Kepala sekolah berperan dalam mempengaruhi orang-orang untuk bekerja sama dalam mencapai visi dan tujuan bersama; f. Peran sebagai Innovator, Kepala sekolah adalah pribadi yang dinamis dan kreatif yang tidak terjebak dalam rutinitas; g. Peran sebagai Motivator, Kepala sekolah harus mampu memberi dorongan sehingga seluruh komponen pendidikan dapat berkembang secara profesional;sebagai Entrepreneur.