PENGARUH PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN CAT CV PUTRA DUNIA SIDOARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan saluran distribusi secara simultan dan parsial terhadap peningkatan volume penjualan di perusahaan cat CV Putra Dunia Sidoarjo. Obyek penelitian adalah promosi dan saluran distribusi serta peningkatan volume penjualan pada perusahaan cat CV Putra Dunia Sidoarjo. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah diambil dari historis perusahaan dimana perusahaan cat CV Putra Dunia didirikan pada tahun 1978 terletak di Jl Kalijaten Taman Sepanjang Sidoarjo. Teknik sampel yang dipergunakan adalah data diambil dari historis perusahaan atas data biaya promosi, biaya saluran distribusi dan biaya penjualan yang berkisar kurun waktu lima tahun yaitu pada tahun 1994 -1998. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview dan dokumenter. Teknik analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan promosi dan saluran distribusi secara simulltan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan cat CV Putra Dunia Sidoarjo dengan nilai F hitung 26,673 > F tabel sebesar 19,16. Secara parsial, yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahaan cat CV Putra Dunia Sidoarjo adalah biaya promosi dengan nilai koefisien regresi X1 sebesar 11,1080 lebih besar dari X2 sebesar 7, 2421.